Penghitungan Nilai Persediaan Dengan Metode FIFO FISIK

20.11 |

Hai teman-teman,, ketemu lagi nih :D.. Sebenernya pengen posting2 tentang cerita-cerita atau apa gitu tapi karena tugas dari pak guru yaudah kali ini kita akan membahas tentang Penghitungan Nilai Persediaan Dengan Metode FIFO FISIK..
Jangan bosen yaa :D hehehe



PENGERTIAN METODE FIFO

Metode FIFO (Masuk Pertama Keluar Pertama) merupakan salah satu metode menghitung Harga Pokok Penjualan dan Persediaan Akhir dengan menganggap bahwa barang yang masuk pertama kali ke gudang di keluarkan juga pertama kali. Sehingga barang yang masih ada yang belum terjual adalah persediaan akhirnya. Sedangkan sistem pencatatan periodikal adalah sistem pencatatan dimana persediaan dihitung secara periodik atau secara phisik dengan melakukan stock opname.
Dengan metode FIFO fisik ini pada saat pembelian barang, jurnalnya tidak menggunakan akun Persediaan melainkan akun Pembelian.

Saat penjualan dilakukan ternyata besarnya Harga Pokok Penjualan belum dapat diketahui karena baru ketahuan pada akhir periodic setelah melakukan stock opname.
Akun Persediaan yang terdapat dalam Neraca sepanjang tahun tetap tidak berubah dan akan berubah setelah melakukan stock opname.



THANK YOU :D











0 komentar:

Posting Komentar

Lorem Ipsum

Lorem

Labels

Labels

Pages

Blogger Tricks

Blogger Themes