Akuntansi Pada Perusahaan Manufaktur

21.37 |

Proses akuntansi dalam jenis perusahaan apapun pada dasarnya bertujuan menyediakan laporan keuangan untuk untuk memenuhi kepentingan manajemen maupun kepentingan pihak ekstern. Dalam hubungan dengan penyediaan laporan keuangan , sasaran akuntansi adalah transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan. Kegiatan usaha pokok perusahaan manufaktur adalah mengolah bahan baku hingga menjadi produk yang siap dijual kemudian menjual produk yang dihasilkannya untuk memperoleh keuntungan.

Keuntungan (laba) yang diperoleh perusahaan manufaktur , pada dasarnya adalah selisih antara hasil penjualan (penghasilan) dengan hatga pokok penjualan dan beban usaha lainnya. Dalam perusahaan manufaktur, barang yang dijual adalah barang yang dibuat sendiri sehingga harga pokoknya bergantung kepada biaya-biaya yang dikeluarkan untuk pembuatannya. Biaya-biaya yang bersangkutan kemudian dikenal dengan Biaya Produksi. Biaya-biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan produk , dikelola dengan suatu sistem yang antara lain didukung dengan prosedur pencatatan . Pencatatan dan pengikhtisaran biaya pembuatan produk merupakan bidang khusus dalam akuntansi yang disebut dengan Akuntansi Biaya (Cost Acconting)

Seperti disebutkan di atas, perusahaan manufaktur menjual produk yang dihasilkannya untuk memperoleh keuntungan. Terjadinya penghailan mengakibatkan perubahan pada susunan aktiva , kewajiban ,dan ekuitas perusahaan . Pencatatan dan pengikhtisaran transaksi terjadinya penghasilan dan transaksi lainnya yang mengakibatkan perubahan aktiva, kewajiban dan ekuitas perusahaan merupakan bidang Akuntansi Keuangan (financial accounting)

Kesimpulan dari keterangan di atas  , dalam hubunagn dengan penyediaan laporan keuangan , akuntansi yang diselenggarakan dalam perusahaan manufaktur terdiri atas sbb :
1. Akuntansi Biaya, kegiatannya meliputi pencatatan , pengikhtisaran dan pelaporan transaksi" yang menyangkut biaya pembuatan produk. Kegiatannya bertujuan menyediakan laporan biaya produksi untuk memenuhi kepentingan manajemen , antara lain informasi mengenai harga pokok produk yang dihasilkan.
2. Akuntansi Keuangan, kegiatannya meliputi pencatatan , pengikhtisaran , dan pelaporan transaksi" yang menyangkut perubahan aktiva, kewajiban , dan ekuitas perusahaan. Kegiatannya bertujuan menyediakan laporan keuangan untuk memenuhi kepentingan manajemen dan pihak ekstern. Dalam pelaksanaanya , kegiatan akuntansi keuangan menggunakan data yang dihasilkan dari proses akuntansi biaya, antara lainmengenai harga pokok produk dalam penentuan harga pokok penjualan dan nilai sediaan  produk jadi dalam penyusunan neraca.

0 komentar:

Posting Komentar

Lorem Ipsum

Lorem

Labels

Labels

Pages

Blogger Tricks

Blogger Themes