PROSEDUR PEMBUATAN JURNAL PENUTUP

02.08 |



Setelah pos-pos jurnal penyesuaian dipindahbukukan ke dalam buku besar, akun-akun buku besar menunjukkan saldo yang telah disesuaikan. Artinya semua transaksi atau keadaan yang mempengaruhi keuangan perusahaan dalam periode yang bersangkutan sudah tercatat. Sebelum mulai dengan kegiatan akuntansi periode berikutnya , akun-akun yang sifatnya sementara ditutup, sehingga akun-akun buku besar pada awal periode hanya terdiri atas akun-akum aktiva, ekuitas ,dan kewajiban. Prosedur pembuatan jurnal penutup secara garis besar adalah sebagai berikut :
1.       Memindahkan saldo akun-akun penghasilan dan saldo akun-akun beban ke dalam ikhtisar laba/rugi, sehingga baik penghasilan maupun beban yang diakui selama periode akuntansi akan tampak dalam akun ikhtisar laba/rugi.
2.       Memindahkan saldo akun ikhtisar laba/rugi ke dalam akun modal pemilik. Perlu dipahami bahwa saldo akun ikhtisar laba/rugi adalah laba/rugi bersih yang diperoleh perusahaan dalam periode yang bersangkutan.
3.       Memindahkan saldo akun prive pemilik ke dalam akun modal pemilik . Akun prive pemilik merupakan penarikan atas modal sehingga mengakibatkan turunnya ekuitas.
Seperti jurnal lainnya, jurnal penutup diposting ke dalam buku besar . Setelah pos-pos jurnal penutup diatas diposting.akun-akun penghsilan, beban, ikhtisar laba/rugi , dan prive bersaldo nol.

0 komentar:

Posting Komentar

Lorem Ipsum

Lorem

Labels

Labels

Pages

Blogger Tricks

Blogger Themes