Tujuan Membuat Neraca Lajur Dalam Perusahaan

01.56 |



Neraca Lajur adalah suatu kertas berkolom-kolom (berlajur-lajur) yang dirancang untuk menghimpun semua data akuntansi yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan keuangan dengan cara yang sistematis. Neraca lajur merupakan kertas kerja yang digunakan sebagai alat pembantu dalam menyusun laporan-laporan keuangan. Neraca lajur tidak merupakan bagian dari catatan-catatan akuntansi yang formal sehingga tidak dapat menggantikan kedudukan catatan-catatan akuntansi atau laporan keuangan. Neraca lajur juga bukan laporan keuangan sehingga tidak perlu diberikan kepada pihak luar perusahaan. Neraca lajur semata-mata hanya sebagai alat pembantu untuk menyusun laporan keuangan.
Neraca lajur sangat bermanfaat untuk memeriksa data yang akan disajikan dalam laporan keuangan. Pemakaian neraca lajur juga dapat menunjukkan bahwa prosedur-prosedur yang perlu dilakukan untuk menyusun laporan keuangan telah dilaksanakan seluruhnya.

Dari uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan dari pembuatan neraca lajur adalah:
  • Untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan.
  • Untuk menggolongkan dan meringkas informasi dari neraca saldo dan data penyesuaian, sehingga merupakan persiapan sebelum disusun laporan keuangan yang formal.
  • Untuk mempermudah menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian.

0 komentar:

Posting Komentar

Lorem Ipsum

Lorem

Labels

Labels

Pages

Blogger Tricks

Blogger Themes