AKUN-AKUN KHUSUS DALAM PERUSAHAAN DAGANG

02.14 |


Perusahaan dagang adalah perusahaan yang menjalankan kegiatan usaha pokok membeli barang (komoditi) dengan tujuan untuk dijual kembali tanpa melakukan pengubahan terhadap sifat barang. Kegiatan usaha pokok yang merupakan ciri khas (karakteristik) perusahaan dagang adalah membeli barang dagangan , menyimpan untuk sementara dan kemudian menjual kembali.
Transaksi-transaksi yang biasa terjadi sehubungan dengan kegiatan usaha pokok perusahaan dagang, secara umum adalah sebagai berikut :
1.       Pembelian barang dagangan
2.       Retur pembelian dan pengurangan harga
3.       Penerimaan potongan pembelian
4.       Penjualan barang dagangan
5.       Retur penjualan dan pengurangan harga
6.       Pemberian potonngan penjualan
Untuk mencatat transaksi-transaksi di atas , dalam buku besar perusahaan dagang biasanya disediakan akun-akun sebagai berikut :
1.       Pembelian : untuk mencatat transaksi pembelian barang dagangan baik dengan pembayaran tunai maupun secara kredit.
2.       Retur pembelian dan pengurangan harga : untuk mencatat transaksi pengembalian barang yang sudah dibeli kepada pihak penjual , atau pengurangan harga yang disepakati penjual. Misalnya : karena barang yang sudah dibeli sebagian rusak
3.       Potongan pembelian : untuk mencatat potongan harga yang diterima dari penjual.
4.       Biaya angkut pembelian : untuk mencatat biaya pengangkutan barang yang dibeli.
5.       Penjualan : untuk tempat mencatat transaksi penjualan barang dagangan , baik yang dilakukan dengan pembayaran tunai maupun dengan pembayaran kredit.
6.       Retur penjualan dan pengurangan harga : untuk tempat mencatat transaksi penerimaan kembali barang yang telah dijual , atau pengurangan harga yang diberikan kepada pihak pembeli.
7.       Potongan penjualan : digunakan sebagai tempat mencatat potongan harga yang diberikan kepada pembeli.
8.       Beban pemgiriman barang : untuk mencatat pengeluaran untuk pengiriman barang ke tempat pembeli.

0 komentar:

Posting Komentar

Lorem Ipsum

Lorem

Labels

Labels

Pages

Blogger Tricks

Blogger Themes